Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, Sekda Rote Ndao Bacakan Amanat Kapolri

Apel  Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022, Sekda Rote Ndao Bacakan Amanat Kapolri
Sekda Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas Selly, M.M. saat menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2022, di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, pagi ini Jumat (22/04).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Memasuki perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H / Tahun 2022, Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar Apel Gelar Pasukan untuk meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait guna memberikan rasa aman dan nyaman, pagi ini Jumat (22/04/2022).

Gelar Pasukan yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas Selly, M.M. Dalam kesempatan tersebut Sekda menyampaikan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., disampaikannya bahwa pelaksanaan gelar operasi ini dilakukan sebagai pengecekan dan persiapan terkait dengan pengamanan dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah/Tahun 2022.

Dengan Komandan Upacara IPDA Jacob S. Bessie, Perwira Upacara IPTU Kornelius Tuati, dengan peserta Upacara diantaranya Personel Kodim 1627 Rote Ndao, Personel Lanal Pulau Rote, Personel Polres Rote Ndao, Personel Satuan Pol. PP Pemda Rote Ndao, Staf Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Rote Ndao, Staf Kantor BNN Kabupaten Rote Ndao dan Staf Kantor BPBD Kabupaten Rote Ndao.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan bahwa berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan-penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

“Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia, hal ini terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Pergerakan masyarakat ini terutama terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa dan Bali”, ucap Sekda dalam membacakan amanat Kapolri.

Selanjutnya dalam amanatnya, Kapolri juga menekankan 8 point untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi “Ketupat-2022”, antara lain :

  1. Jaga stamina dan kesehatan mental beserta fisik selama perjalanan Operasi, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME;
  2. Lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.
  3. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dimanapun dan kapanpun. Rekan- rekan adalah wujud representasi negara di tengah- tengah masyarakat.
  4. Gelar kekuatan Polri pada Pos-Pos Pengamanan dan Pelayanan serta di Titik-titik rawan kriminalitas, titik-titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga mampu bertindak cepat  dan tepat dalam melakukan tindakan Kepolisian guna menjamin masyarakat aman dan sehat.
  5. Lakukan koordinasi dan kerjasama dengan satgas Covid-19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H/2022 dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dll untuk memonitor kemungkinan terjadinya penyebaran Covid-19 di area-area tersebut.
  6. Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.
  7. Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.
  8. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat. Satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Turangga 2022 berlangsung selama 12 hari dari tanggal 28 April 2022 s/d tanggal  09 Mei 2022, dan untuk Polres Rote Ndao akan menyiapkan 2 Pos yakni 1 Pos Pelayanan di Simpang Utomo dan 1 Pos Pengamanan di Areal Lapangan Ba’a.

Hadir pula mengikuti pelaksanaan kegiatan Apel Gelar Pasukan diantaranya Dandim 1627 Rote Ndao, Danlanal Pulau Rote, Kapolres Rote Ndao,  Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao, PJU Polres Rote Ndao, Para Kapolsek Jajaran, perwakilan dari Kantor Pengadilan Negeri Rote Ndao, Kasat Pol. PP Pemda Rote Ndao, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Rote Ndao, Tokoh agama dan Insan pers. (6nur)