Tingkatkan Ketahanan Personal, Sat Sabhara Latihan Senam Borgol Dan Tongkat

Tingkatkan Ketahanan Personal, Sat Sabhara Latihan Senam Borgol Dan Tongkat

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Meningkatkan ketangkasan dan ketahanan personal, Satuan Sabhara Polres Rote Ndao tingkatkan latihan senam Borgol dan tongkat, Selasa (06/08/19).

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolres Rote Ndao ini, diikuti oleh personel Sat Sabhara. Dibawah pimpinan KBO Sat Sabhara Aiptu Untung D. Letik, 3 materi drill borgol dan 24 gerakan senam tongkat dilaksanakan dengan penuh semangat.

Tiga materi drill borgol yang antara lain Borgol sebagai alat pemborgol, Borgol sebagai alat pemukul dan Borgol sebagai alat penangkis serta senam tongkat, dilatihkan secara bertahap. Tampak Kasat Sabhara Iptu Yohanes Suri, SH turut ikut dalam latihan ini.

Personel Satuan Sabhara Polres Rote Ndao, saat latihan senam Borgol dan Tongkat di Lapangan Apel Mapolres

Menurut Kasat Sabhara, latihan ini dilaksanakan secara rutin oleh personel, selain merupakan bagian dari ketangkasan pertahanan diri juga sebagai bentuk profesionalisme personel Polri.

“ Borgol dan tongkat merupakan alat perseorangan personel Polri, oleh karena itu borgol dan tongkat tersebut jangan hanya sebagai pajangan yang dibawa kemana-mana, namun juga harus dapat difungsikan sebagai mestinya, “ ujar Kasat Sabhara. Gerakan yang dilaksanakan bukan hanya untuk sekedar mengingat kembali senam borgol dan senam tongkat yang telah diketahui, namun ada juga gerakan bertahan dan menyerang. Selanjutnya ada juga latihan saat ada perkelahian antara pelaku kejahatan dan polisi, disini diajarkan kembali bagaimana melumpuhkan penjahatan dengan menggunakan borgol tangan dan tongkat, imbuh Kasat Sabhara usai kegiatan latihan. (6”nur)