Sapa Dan Silaturahmi, Jadi Jurus Jitu Bhabinkamtibmas Desa Nggelodae

Sapa Dan Silaturahmi, Jadi Jurus Jitu Bhabinkamtibmas Desa Nggelodae

www.tribratanewsrotendao.com , Rote – Kegiatan sambang desa, bertemu dan kumpul bersama warga binaan, menjadi rutinitas anggota di jajaran Kepolisian Sektor Rote Selatan Polres Rote Ndao. Kumpul bareng, sembari bercengkrama dengan masyarakat desa binaan, pun seakan menjadi tradisi.

Terutama bagi personel Bhabinkamtibmas, ini sekaligus menjadi ujung tombak Polri dalam menciptakan situasi kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Rutinitas itu selain upaya pemeliharaan kamtibmas (harkamtibmas) di desa binaan. Keberadaan dan keaktifan personel Bhabinkamtibmas di tengah warga dapat menjalin kekraban dan kedekatan Polri dan masyarakat.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Nggelodae Polsek Rote Selatan Brigpol Andreas Talelu yang hari ini mengunjungi warga desa binaannya di Dusun Nggelak, Desa Nggelodae, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (22/01/2020).

Bhabinkamtibmas Brigpol Andreas Talelu saat kunjungi warga Desa binaannya

Tidak hanya menyambangi warga binaanya, polisi berpangkat bintara ini juga menggandeng Babinsa Desa Nggelodae Serda Santana La-Adu untuk bersama-sama sapa warga dan menyampaikan pesan kamtibmas kepada setiap warga yang ditemui. Warga masyarakat menyambut baik kehadiran polisi, dengan harapan selalu tercipta situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di desa binaan dan wilayah hukum Polsek Rote Selatan.

Menurut Brigpol Andreas, menyambangi warga merupakan tugas seorang Bhabinkamtibmas, bila semakin dekat dengan masyarakat maka tugas Bhabinkamtibmas semakin mudah.

“ Kalau kita dekat dengan masyarakat, maka tugas makin mudah, warga sudah tau polisi maka dengan sendirinya pasti tercipta kamtibmas, “ ujar Brigpol Andreas.

Sementara itu Kapolsek Rote Selatan Ipda Freits Matly mengatakan bahwa kegiatan sambang dan berkumpul sudah menjadi rutinitas anggotanya terutama Bhabinkamtibmas.

“ Kita berada di tengah masyarakat itu banyak keuntungan, selain dekat dengan masyarakat, kita juga dapat menyerap berbagai informasi yang berkembang, tak hanya itu dengan sambang maka makin erat tali silaturahmi antara Polisi dan warga, “ jelas Kapolsek.

Meski demikian Kapolsek juga berharap bukan hanya pihak Kepolisian yang aktif dalam cipta kondisi, namun juga sangat diperlukan dukungan dari masyarakat dalam menciptakannya. (6”nur)