Home / BERANDA / Polres Rote Ndao Siap Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2019

Polres Rote Ndao Siap Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2019

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Kepala Kepolisian Resor Rotye Ndao Kapolres AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK, M.Si di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, membuka dengan resmi kegiatan Lat Pra Operasi Bina Karuna Turangga Tahun 2019 tingkat Polres Rote Ndao, Kamis pagi (15/08/2019).

         Para pejabat utama, Kapolsek jajaran dan seluruh anggota yang terlibat dalam operasi tampak dengan seksama mendengar arahan dan perintah dari pimpinan berkaitan dengan kegiatan operasi ini.

          Direncanakan pelaksanaan operasi ini akan berlangsung selama 14 hari dimulai dari tanggal 15 Agustus 2019 hingga tanggal 28 Agustus 2019 mendatang.

Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK, M.Si saat menyematkan tanda peserta kepada perwakilan

          Adapun Tiga sasaran dalam kegiatan Operasi ini yaitu Preemtif, preventif dan represif dalam upaya pencegahan adanya kebakaran lahan dan hutan.

Giat Preemtif diimplementasikan dengan memberi imbauan, penyuluhan, penyebaran brosur, pemasangan spanduk di lingkungan perumahan, lahan dan perkebunan baik milik perorangan maupun perusahan.

Sedangkan giat preventif yaitu dengan patroli bersama unsur terkait, potensi masyarakat dan warga agar tidak ada yang membuka lahan dengan cara membakar dan giat represif adalah dengan adanya pengekakkan hukum bagi oknum ataupun kelompok yang melakukan pelanggaran dengan membakar hutan atau lahan.

 Operasi ini juga mengedepankan fungsi Binmas khususnya para Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Kepala Desa sebagai motor penggerak demi terwujudnya tujuan dari operasi ini.

Sementara itu Kabag Ops AKP Yunior T.M. Duil mengatakan bahwa walaupun di wilayah Kabupaten Rote Ndao ini tiodak ada wilayah hutan namun tetap harus diantisipasi adanya pembukaan lahan dengan cara dibakar. Selain itu perlu adanya sinergitas dan kerjasama yang baik antar Satgas Operasi sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan dengan baik.

” Tujuan dilaksanakan latihan pra operasi ini adalah untuk menyamakan persepsi dan memberikan gambaran serta penjelasan kepada personel yang terlibat dalam Operasi Bina Karuna Turangga 2019, sehingga masing-masing Satgas Ops dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya,” ujar AKP Duil.  (6”nur)

About admin

Check Also

Cegah Pencurian Hewan, Polsek Rote Selatan Intensifkan Patroli Malam

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Patroli adalah salah satu kegiatan Kepolisian yang dilakukan oleh anggota Polri, sebagai …