Cegah Karhutla Bhabinkamtibmas Lakukan Sosialisasi Dan Himbau Warga Untuk Deteksi Dini

Cegah Karhutla Bhabinkamtibmas Lakukan Sosialisasi Dan Himbau Warga Untuk Deteksi Dini

www.tribratanewsrotendao.com , Rote – Memasuki musim kemarau Kepolisian Resor Rote Ndao mulai gencar mensosialisasikan dan memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao akan bahaya dan dampak kebakaran hutan dan lahan. Seperti yang dilakukan Brigpol Sumantri Bhabinkamtibmas Desa Kolobolon yang pagi ini kunjungi warga berikan sosialisasi Karhutla, Sabtu (06/07/2019).

Menindaklanjuti perintah dari pimpinan Polres, petugas Bhabinkamtibmas ini langsung bergerak cepat memberikan himbauan dan sosialisasi kepada warga karna menurutnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Uniknya disini dia tidak hanya sendiri dalam memberikan sosialisasi namun juga mengikut sertakan istri dalam kegiatan mengunjungi warga.

“ Ini sudah merupakan perintah dan harus kita laksanakan, apalagi hal ini baik dan berguna bagi masyarakat, kalau lahan terbakar maka dampak yang diakibatkan akan meluas bisa juga menimbulkan penyakit misal sakit pernapasan, oleh karena itu menurut saya mencegah lebih baik daripada kita mengobati, “ tutur Brigpol Sumantri.

Guna mengantisipasi hal tersebut, maka Polres Rote Ndao melalui personel Bhabinkamtibmas di Polsek jajaran secara berkala melaksanakan berbagai upaya diantaranya melaksanakan patroli baik jalan kaki maupun bermotor, penyampaian himbauan kamtibmas serta penyebaran/pembagian brosur yang berisi himbauan dan pembentangan sepanduk tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Rote Ndao melalui Kasat Binmas Iptu Josafat C. Sinlaeloe mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Rote Ndao ini pada umunya berkarakter panas dan kering, kerawananan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang bersifat besar berpotensi terjadi. “ Untuk itu kita sudah perintahkan seluruh personel Polsek, khusunya personel Bhabinkamtibmas bersama Tiga Pilar dan masyarakat peduli api terus bergerak melakukan berbagai macam upaya pencegahan, sehingga kelestarian hutan, lahan dan seisinya dapat tetap terjaga. (6”nur)